Apa itu Definisi Tiang Pancang?

Dewasa ini Indonesia tengah menjalani proses perkembangan di sektor ekonomi. Hal itu dapat diidentifikasi dari segi pembangunannya yang semakin bertambah. Meningkatnya jumlah pembangunan fisik tentu saja akan menimbulkan dampak pada konstruksi sipil berupa jembatan, gedung dan jalan raya pada keadaan geologis yang kurang menjanjikan. Oleh sebab itu, material-material bangunan sangatlah diperlukan untuk menunjang proses konstruksi di tanah air.

Satu dari setiap material yang paling banyak digunakan adalah pondasi tiang pancang. Material ini telah banyak diterapkan pada jembatan maupun gedung bertingkat. Tiang pancang memiliki tingkat kekuatan yang sangat baik.   Dalam mempermudah proses pembangunan gedung yang ideal, maka diperlukan adanya perencanaan yang baik dan matang sesuai dengan perkembangan zaman. Sehingga dapat memberikan jaminan efisiensi, kekakuan, kekuatan dan juga fleksibilitas pelaksanaan tanpa harus melupakan aspek ekonomis pada konstruksi yang ada.

Pile foundation atau nama lain dari tiang pancang, merupakan salah satu bagian dari struktur yang berguna untuk menampung dan menyalurkan beban dari struktur atas ke tanah yang berada pada tingkat kedalaman tertentu. Bentuk yang dimiliki dari tiang pancang yakni panjang dan lurus sehingga dapat mentransfer beban menuju tanah secara lebih dalam. Pondasi dari tiang pancang dapat diklasifikasi dalam beberapa jenis menurut bahan baku pembuatannya. Mulai dari tiang pancang baja, kayu dan beton. Proses pemasangan dari tiang pancang ini dengan cara dipukul dan dibor. Adapun cara lainnya yaitu didongkrak untuk bisa masuk ke dalam tanah dengan cara dihubungkan oleh pile cap.

Apa itu Tiang Pancang Beton?

Precast reinforced concrete Pile adalah pondasi tiang pancang yang tersusun dari beton bertulang dan sudah melalui proses tatakan. Material tersebut telah dicor dalam acuan beton atau bekisting, lalu ketika sudah dirasa lumayan kuat maka material tersebut diangkat kemudian dipancangkan. Struktur yang dimiliki dari pondasi tiang pancang telah di desain dengan struktur beton yang merupakan gabungan dari beton, sehingga cukup kuat untuk menahan gaya tekan saja. Sayangnya material ini masih lemah terhadap gaya tarik. Oleh karena itu dibutuhkan material tambahan berupa tulangan atau baja agar mampu menahan beban dari struktur bangunan yang ditimbulkan. Sementara beton sendiri merupakan campuran dari ragam material, berupa agregat kasar dan halus yang dipadu dengan perekat semen kemudian diaduk dengan air air untuk mempermudah reaksi kimia atau proses pengerasan.

Apabila anda mencoba membuat perbandingan antara jenis pondasi tiang pancang dengan pondasi yang lain, tentu saja biaya dari pondasi tiang pancang relatif jauh lebih murah. Pada kasus konstruksi berat seperti kapasitas daya pikul dari tanah dangkal yang tidak mampu bekerja secara optimal, maka ada baiknya jika pada proses konstruksi tersebut didirikan di atas pondasi tiang. Misal pada bangunan dermaga dan jetty.

Pada proses pelaksanaan pemancangan secara umum pondasi ini dipasang secara tegak lurus ke dalam tanah, namun ada juga yang melakukan pemancangan secara miring atau battle pile yang dimaksudkan agar mampu menahan gaya-gaya horizontal di sekitarnya. Seringkali hal ini terjadi pada dermaga yang mendapat banyak tekanan dari arah samping perahu hingga kapal.

Apa yang Akan Anda Dapatkan Jika Menggunakan Tiang Pancang?

Penggunaan material pondasi tiang pancang ini sangat banyak diterapkan oleh sebagian kontraktor dalam mempermudah proses pengerjaan konstruksi maupun proyek-proyek bangunan. Di bawah ini ini akan kami ulas beberapa keuntungan dan manfaat yang akan anda dapatkan jika menggunakan yang panjang, sebagai berikut:

  • Mampu mengangkat beban konstruksi secara kokoh pada suatu lapisan tanah
  • Mampu memperkeras tingkat kekuatan tanah, sekaligus mengendalikan amplitudo getaran dan frekuensi alamiah
  • Untuk meningkatkan faktor keamanan pada tumpuan pir atau jembatan
  • Mampu menahan gaya desakan ke atas maupun gaya guling, dan lain sebagainya

Keuntungan Menerapkan Tiang Pancang

Apabila anda sudah menerapkan pondasi tiang pancang beton (precast concrete reinforce pile), maka anda akan mendapatkan beragam keuntungan pada bangunan anda. Dibawah ini adalah beberapa keuntungan penggunaan pondasi tiang pancang, diantaranya:

  • Precast concrete reinforce Pile mempunyai kekuatan tegangan tekan yang besar (tergantung dari mutu beton yang akan diterapkan)
  • Tiang pancang beton tidak rentan terhadap pengaruh tinggi muka air tanah, seperti halnya tiang pancang kayu. Sehingga apabila anda menggunakan tiang pancang beton maka tidak perlu melakukan penggalian tanah berlebih untuk poernya
  • Usia penggunaan dari tiang pancang dapat bertahan lebih lama karena tidak rentan terhadap pengaruh air maupun bahan-bahan yang mengakibatkan proses perkaratan

Pondasi tiang pancang berperan sangat penting terhadap konstruksi bangunan yang ada di tanah air. Hampir setiap konstruksi memiliki atau menerima beban struktur yang relatif berat. Akan tetapi biasanya pondasi tiang pancang ini hanya difungsikan apabila tanah dasar yang terletak dimana bangunan tersebut tidak mempunyai bearing capacity, yakni daya dukung yang cukup untuk menahan berat dari struktur bangunan. Begitu juga beban yang berasal dari atas atau permukaan tanah keras juga memiliki daya dukung yang cukup untuk menahan berat dari bangunan diatasnya terdapat pada posisi yang begitu dalam. Oleh karena itu dalam pemancangan pada pemasangan pondasi tiang pancang ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Produksi dari tiang pancang ini dilaksanakan pada sebuah tempat khusus yaitu pabrik. Tiang pancang beton akan mendapatkan kualitas yang sempurna jika telah melalui proses pengerasan selama lebih dari 28 hari. Hal ini dikarenakan tegangan tarik beton yang kecil sementara berada di beton itu sendiri terbilang besar, makalah tiang pancang beton ini harus ditambahkan dengan tulangan dengan tingkat kekuatan yang cukup sehingga mampu menahan momen lentur yang berasal dari proses pengangkatan sekaligus pemancangan.

Kami dari perusahaan PT. Megacon Bangun Perkasa yang telah memproduksi tiang pancang pracetak untuk kebutuhan konstruksi di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini kami telah menyediakan material tiang pancang beton yang sudah melalui proses standarisasi SNI. Kami berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan terbaik demi memenuhi kebutuhan konstruksi anda. Tidak hanya memproduksi tiang pancang pracetak, kami juga menyediakan aneka produk-produk beton precast yang lain dengan mutu K350. Puluhan hingga ratusan klien telah kami pelayanan pengiriman dengan baik di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kredibilitas kami. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor customer service yang sudah kami sertakan pada situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *