Cara Pemasangan Sheet Pile Beton / Turap Beton

Sheet pile atau juga bisa disebut dengan turap merupakan dinding vertikal yang memiliki ukuran relatif tipis yang memiliki fungsi untuk membentuk tanah dan untuk membendung masuknya air ke dalam lubang galian. Pemasangan dari sheet pile ini cukuplah sangat mudah dan simpel dan harga yang akan dikeluarkan juga relatif lebih murah dibandingkan dengan menggunakan material lainnya.

Kami merupakan salah satu produsen pembuat sheet pile terutama sheet pile beton yang mana saat ini banyak sekali digunakan dan diaplikasikan pada rancangan suatu bangunan. Produk dari sheet pile beton yang kami miliki ini memiliki rancangan khusus dan diberikan secara khusus yaitu berbentuk runcing sehingga pada proses penerapannya dan pemasangannya akan langsung masuk pada permukaan tanah lebih cepat.

Kami memiliki spesifikasi khusus terhadap desain sheet pile beton yang kami miliki yaitu memiliki ukuran sekitar 500 mm sampai dengan 800 MM. Sheet pile beton yang kami produksi juga memiliki ketebalan yaitu sekitar 120 mm hingga 150 MM. Produksi dari sheet pile beton tersebut menggunakan suatu cetakan khusus tanpa campuran dan adukan manual sedikitpun Sehingga menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan bermutu.

Cara & Langkah Pemasangan Sheet Pile Beton

Ada beberapa langkah dan cara dalam pemasangan sheet pile beton pada suatu pembangunan. Jika anda ingin menghasilkan sheet pile beton yang sudah diterapkan nantinya akan menghasilkan bentuk yang sesuai dengan keinginan maka anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini karena langkah-langkah yang telah disebutkan di bawah ini merupakan prosedur yang benar dan sesuai dengan standart yang ada.

Positioning

Positioning merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk mengukur atau bisa disebut dengan langkah pengukuran. Awal dari rangka ini yaitu dengan menentukan titik koordinat yang diperlukan dalam pemasangan dari sheet pile. Anda juga perlu membaca gambar dengan melihat bentuk dan ukuran pada bangunan untuk diaplikasikan di lapangan.

Ada juga perlu melakukan elevasi dan menentukan kedalaman galian pondasi dan juga lantai basement, hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam penentuan elevasi dan jika terjadi kesalahan maka akan bisa menyebabkan pemborosan pekerjaan pada galian tanah. Anda juga perlu untuk menentukan untuk mencari lokasi titik pada sheet pile. Langkah terakhir pada metode pemasangan ini yaitu anda perlu memantau pekerjaan pemancangan terhadap titik rencana yang sudah direncanakan sebelumnya.

Pengadaan sheet pile turap

Dalam hal ini anda perlu mengetahui kondisi bahan ataupun material yang digunakan. Sebelum melakukan dan memulai proses pekerjaan Anda perlu mempersiapkan kebutuhan material dan perlu pengecekan terhadap kebutuhan volume yang ada di lapangan. Sheet pile yang digunakan perlu bersertifikasi uji laboratorium dari pabrik langsung. Anda juga diharuskan untuk melihat dan memantau kondisi dari peralatan yang digunakan, persiapan peralatan dan juga kelengkapannya harus bisa memenuhi dan berfungsi sebagaimana mestinya dan juga peralatan tersebut harus sudah mendapat persetujuan tertulis dari pengawas langsung.

Pada proses ini juga diperlukan identifikasi yaitu sebelum dipindahkan dari tempat penyimpanan atau gudang, sheet pile dan juga tiang pipa harus diberi tanda atau pengidentifikasian dan juga harus diperiksa terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan untuk dipancang. Setiap pemancangan pada tiang yang sudah masuk ke dalam lapisan tanah maka perlu untuk diberi tanda dengan cat minimum pada setiap meternya.

Pekerjaan pemancangan turap sheet pile

Pelaksanaan tersebut terdiri dari persiapan lokasi pemancangan yaitu mempersiapkan lokasi dimana alat pemancangan akan diletakkan, pada posisi ini tanah harus bisa menopang berat dari alat tersebut. Jika elevasi akhir kepala tiang pancang berada di bawah permukaan tanah asli maka galian nya juga harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum proses pemancangan dilakukan. Anda harus memperhatikan secara lebih detail agar dasar pondasi tidak terganggu oleh penggalian diluar batas yang ditunjukkan oleh gambaran kerja pada suatu proses perencanaan sebelumnya.

Selanjutnya adalah persiapan alat pemancangan pelaksana yaitu Menyediakan alat untuk memasang tiang yang sesuai dengan jenis tanah dan jenis tiang pancang sehingga tiang pancang tersebut dapat menembus masuk ke dalam tanah yang telah ditentukan dan dapat mencapai daya dukung yang telah ditentukan pula tanpa adanya kerusakan.

Bila diperlukan maka pelaksanaan tersebut bisa melalui tahap penyelidikan tanah terlebih dahulu. Mad panjang yang digunakan dalam proses ini yaitu crane, Diesel dan hidrolik. Palu yang dimiliki pada jenis ini sebaiknya tidak kurang dari jumlah berat tiang beserta topi panjangnya.

Pemancangan dari sheet pile ini harus dilindungi dengan bantalan topi atau yang mana tiang pancang tersebut diikatkan pada seling yang terdapat pada alat lalu selanjutnya ditarik sehingga tiang pancang masuk pada bagian alat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pemancangan ini harus sesuai dengan yang dibutuhkan seperti pemancangan yang harus sampai pada penetration maksimum atau penetrasi tertentu sesuai dengan perencanaan. Proses selanjutnya adalah pemanjangan di titik berikutnya dengan langkah yang sama sehingga tiang pancang masuk pada bagian alat tersebut.

Pemotongan Top Level

Pada langkah ini dilakukan pemotongan pada tiang pancang yang bisa dilakukan secara manual dan nantinya hasil dari pemotongan tersebut dikumpulkan dan dapat dibuang ke arah yang telah ditentukan. Pada area tinggi ikatan antara tiang pancang dengan lantai konstruksi perlu ditambahkan besi pada tiang pancang tersebut.

Bila dibutuhkan Anda bisa melakukan tes untuk menguji tiang pancang tersebut. Selanjutnya adalah pemasangan angkur yang memiliki tujuan sebagai tempat peletakan guide beam yang mana memungkinkan pemasangan dapat berdiri sejajar dengan garis titik kelurusan yang telah ditentukan.

Pemasangan dari guide beam merupakan tempat panjang yang dapat berdiri tegak dan sengaja didesain untuk digunakan membantu menegakkan pancangan tersebut agar mempermudah proses pemancangan ketika nantinya akan dipukul menggunakan vibro.

Selanjutnya adalah Proses pelepasan dari guide beam  yang mana pada proses ini pemancangan berada pada ketinggian yang sudah disesuaikan dan untuk memperlancar proses pemancangan sampai pada tanah yang keras maka perlu terjadinya pelepasan dari guide beam. Fungsi dari guide beam tersebut merupakan frame atau penyangga agar letak rancangan tetap pada posisi yang stabil.

Jika Anda saat ini sedang membutuhkan sheet pile beton untuk pembangunan yang sedang anda kerjakan maka anda bisa langsung menghubungi kami. Kami merupakan produsen dan pabrik dari sheet pile beton yang mana semua sheet pile beton yang kami produksi menggunakan material beton terbaik sehingga menghasilkan sheet pile beton yang berkualitas dan bermutu hingga bisa langsung Anda gunakan dan anda terapkan pada bangunan anda.

Kami menawarkan harga yang sangat terjangkau dan sangat murah jika dibandingkan dengan tempat lainnya, anda bisa langsung menghubungi kami pada nomor yang telah kami sediakan untuk melakukan pemesanan atau menanyakan mengenai sheet pile beton yang kami produksi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *