Cikal Bakal Pengaplikasian Tiang Pancang

Pile foundation merupakan nama lain dari tiang pancang, material ini merupakan salah satu struktur yang berfungsi untuk memperoleh dan menghantar beban dari atas menuju dalam tanah penunjang yang diletakkan pada tingkat kedalaman tertentu. Bentuk dari tiang pancang ini memanjang dan langsing, sehingga mampu mengantarkan beban ke tanah secara efektif lebih dalam. Saat ini telah tersedia tiang pancang yang terbuat dari 3 bahan, yaitu baja, kayu dan beton. Untuk tiang pancang yang diproduksi dari komposisi material beton, dapat dipasang dengan cara dipukul, dibor maupun didongkrak ke dalam tanah dan disambungkan dengan poer. Hal tersebut ditentukan dari tipe material, hingga karakteristik dari penghantaran beban tiang pancang yang mempunyai tingkat klasifikasi beragam.

Pondasi tiang pancang ini telah digunakan untuk memperoleh atau menahan beban sekaligus penghantar beban selama puluhan tahun. Ketika awal masa peradaban komunikasi, pertahanan dan hal-hal yang dari desa dan kota yang terletak di sungai dan danau. Oleh karena itu perlu dilakukan penguatan tanah penunjang dengan menerapkan jumlah tiang. Tiang yang bahan bakunya berupa kayu / timber dapat dipasang dengan cara dipukul pada tanah atau dengan cara membuat galian untuk diisi dengan batu atau pasir pada bagian lubangnya.

Sama halnya seperti tipe pondasi yang lain, pondasi tiang pancang juga memiliki beragam kegunaan tertentu, yakni:

  • Untuk menghantarkan beban pondasi tanah yang keras
  • Untuk menerima atau menahan beban vertikal, uplift dan lateral

Struktur yang menerapkan pondasi tiang pancang apabila tanah dasar tidak mempunyai kapasitas daya pikul yang mencukupi. Sisa hasil pengecekan tanah mengindikasikan apabila tanah dangkal tidak stabil dan cenderung lunak apabila besarnya hasil perhitungan penurunan tidak dapat diterima, maka pondasi tiang pancang dapat menjadi bahan perbandingan. Estimasi biaya juga dapat menjadi indikasi bahwa pondasi tiang pancang mempunyai biaya yang lebih murah apabila dikomparasikan dengan jenis pondasi yang lain dan dikomparasikan dengan estimasi biaya perbaikan tanah.

Pada contoh kasus konstruksi berskala berat, terdapat kapasitas daya pikul yang berasal dari tanah dangkal tidak mampu bekerja secara efektif sehingga ada baiknya konstruksi didirikan di atas pondasi tiang. Tiang pancang juga diterapkan pada kondisi tanah yang normal untuk menahan beban yang berasal dari arah horizontal. Tiang pancang merupakan komponen yang sangat tepat untuk mempermudah pekerjaan yang terletak di atas air seperti Dermaga atau Jetty.

Penerapan tiang pancang untuk pondasi bangunan apabila tanah yang berada di bawah dasar bangunan belum memiliki bearing capacity / daya dukung yang memadai untuk menahan beban bangunan berat yang bekerja. Adapun apabila tanah yang memiliki daya dukung memadai untuk menahan berat bangunan dan seluruh beban yang bekerja pada lapisan dalam yang berasal dari permukaan tanah dengan tingkat kedalaman diatas 8 meter. Kegunaan dan fungsi dari pondasi tiang pancang yakni untuk menghantarkan atau menerima beban dari konstruksi di atasnya untuk mengarah lapisan tanah keras yang letaknya sangat dalam.

Pada pelaksanaan pemancangan secara umum, prosesnya diletakkan secara tegak lurus ke dalam tanah, akan tetapi bisa juga dilakukan secara miring / battle pile guna menahan gaya-gaya yang bekerja secara horizontal. Hal tersebut serupa yang terjadi pada dermaga, yang mana seringkali mendapatkan tekanan ke samping yang berasal dari perahu dan kapal. Sudut kemiringan yang dapat diraih oleh yang tergantung dari alas yang diterapkan dan tingkat kesesuaian perencanaan.

Menurut mutu bahan material dan proses pelaksanaan, pondasi tiang pancang ini telah digolongkan dalam beberapa jenis. Tiang pancang saat ini terbagi menjadi 4 yaitu tiang pancang beton, tiang pancang baja, tiang pancang komposit (kayu – beton dan baja – beton) dan tiang pancang kayu.

Kegunaan Tiang Pancang pada Bidang Konstruksi

Tiang pancang  mempunyai beragam kegunaan pada infrastruktur bangunan maupun jalan, yakni sebagai berikut:

  • Untuk mengangkat beban konstruksi dari atas tanah ke dalam menuju sebuah stratum
  • Untuk resensi gaya desakan ke atas, seperti pada telapak ruangan bawah tanah, di bawah bidang batas air jenuh untuk menahan kaki -kaki menara menara terhadap guling
  • Mengendalikan penurunan apabila kaki-kaki yang tersebar berada pada tanah lebih
  • Membuat tanah di bawah pondasi menjadi lebih kaku
  • Untuk meningkatkan faktor keamanan di bawah tumpuan jembatan, khususnya apabila terjadi erosi

Serupa halnya yang dinyatakan oleh Bowles pada tahun 1991, untuk melakukan pengerjaan konstruksi pada area lepas pantai dalam meneruskan beban-beban di atas permukaan air melalui air dengan tingkat kedalaman tanah yang menjadi dasar tersebut. Hal-hal semacam ini adalah terkait tiang pancang yang ditanam sebagian dan terpengaruh secara baik dari beban lateral dan vertikal.

Pondasi tiang pancang diproduksi pada area khusus (pabrik) dan akan dipancang apabila telah berumur lebih dari 28 hari. Sebab beton ini mempunyai tingkat tegangan yang kecil, sementara bobot yang dimiliki sangat berat. Untuk itu, diperlukan material tambahan berupa besi tulangan untuk meningkat kekuatannya, terutama sebagai penahan momen lentur yang ditimbulkan dari proses pengangkatan dan pemancangan.

Jenis dan Kriteria Kegunaan Tiang Pancang

Pada perencanaan pendirian pondasi pada suatu bidang konstruksi dapat menerapkan beberapa macam tipe pondasi sesuai kebutuhan. Penentuan dari tipe pondasi yang diterapkan harus berdasar terhadap sejumlah hal, sebagai berikut:

  • Kegunaan bangunan atas yang nantinya akan ditahan oleh sebuah pondasi tersebut
  • Ukuran besar bena dan berat bangunan atas
  • Keadaan tanah tempat bangunan yang akan dibangun
  • Estimasi biaya pondasi jika dikomparasikan dengan bangunan atas

Kami dari perusahaan produksi beton terbaik di Indonesia, PT. Megacon Bangun Perkasa siap menghadirkan produk-produk beton berkualitas guna menunjang proses konstruksi yang saat ini telah banyak melalui perkembangan pesat. Perusahaan kami telah dihuni oleh sejumlah anak bangsa yang sudah terbukti ahli dan berkompeten di bidang beton untuk segala jenis pembangunan. Ditambah lagi, kami juga telah mengantongi standarisasi SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga Anda tak perlu merasa gusar apabila produk kami rentan rapuh dan tidak cocok untuk digunakan. Untuk informasi produk tiang pancang beton berkualitas, silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Selain menawarkan produk tiang pancang, kami juga menghadirkan beragam produk-produk yang lain guna menyuplai terhadap kebutuhan konstruksi yang sedang Anda jalankan. Apabila Anda ingin berkonsultasi dengan kami, jangan segan-segan untuk hubungi customer service kami pada nomor-nomor yang sudah kami sediakan. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan solusi terbaik demi meningkatkan kepuasan para klien. Dapatkan promo harga menarik dan garansi purna jual untuk produk-produk beton yang kami tawarkan (syarat dan ketentuan berlaku)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *