Fungsi Utama Sheet Pile Beton untuk Konstruksi Pembangunan

Sheet pile memiliki bentuk yang menyerupai sebuah lembaran pasang di bawah tanah dan dibentuk secara vertikal. Sheet pile ini juga memiliki fungsi utama yaitu agar pada penerapannya tidak terjadi suatu pergerakan dalam tanah yang bisa menyebabkan proses bencana Seperti contohnya tanah longsor. Beton merupakan material yang digunakan pada suatu proses konstruksi dan bentuknya terdiri dari suatu lembaran dengan campuran air dan juga semen atau juga biasa disebut dengan beton.

Sheet pile saat ini banyak sekali digunakan untuk memenuhi berbagai macam proyek baik kecil maupun besar yang mana proyek tersebut membutuhkan tingkat dari material yang cukup tinggi. Proyek pengerjaan yang menggunakan sheet pile ini misalnya adalah pembuatan dinding penahan tanah yang dapat diletakkan pada sebuah tebing Jalan Raya ataupun tebing sungai.

Sheet pile beton ini juga memiliki fungsi utama yaitu penahan pada tebing galian atau bisa juga dibuat untuk pondasi bangunan basement. Sheet pile ini juga dapat diterapkan pada sebuah pembangunan yaitu bahan dasar bangunan yang berada pada lokasi di area perairan misalnya Pelabuhan, Dermaga dan masih banyak lagi.

Kini Anda akan banyak menemukan sheet pile yang banyak digunakan pada suatu proyek. Salah satu sheet pile yang paling banyak digunakan yaitu sheet pile beton yang mana saat ini kami telah memproduksi nya dengan menggunakan teknologi tercanggih.

Kami menyediakan sheet pile beton dengan berbagai macam varian yang dibuat dengan material beton khusus dan memiliki kualitas terbaik dalam material utama tersebut. Sheet pile beton yang kami produksi merupakan sheet pile beton dengan kualitas terbaik dan diproduksi oleh para ahlinya langsung dengan menggunakan teknologi yang canggih dan masa kini sehingga menghasilkan sheet pile beton yang siap digunakan untuk segala jenis pembangunan.

Sheet pile beton yang kami produksi memiliki banyak sekali keunggulan diantaranya seperti mampu menahan beban berat dan juga benturan yang berasal dari gaya gravitasi bumi ketika proses pemancangan di suatu proyek yang sedang berlangsung. Kami juga memastikan bahwa setiap beton yang kami produksi tersusun dari berbagai bahan terbaik seperti bahan telur berkualitas yang sangat berbeda dengan Para produsen lainnya yang membuat sheet pile beton dengan bahan beton yang memiliki grade di bawah rata-rata.

Sheet pile beton yang kami produksi dapat anda gunakan berkali-kali dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Pendapatan ini juga sangat tahan terhadap proses perkaratan atau korosi khususnya jika digunakan di tempat yang sering terkena paparan sinar matahari, cuaca musim hujan dan masih banyak lagi. Sheet pile beton juga sangat diakui dapat dengan mudah dilakukan proses penyambungan pada proses pengerjaannya.

Seperti produk lainnya, sheet pile beton ini juga memiliki sedikit kekurangan seperti Contohnya yaitu tidak bisa digunakan untuk menahan tanah yang cukup tinggi. Jika anda ingin menggunakannya pada penahan tanah yang memiliki tinggi diatas maksimal penggunaan sheet pile beton ini maka anda harus menggunakan sebuah penampang yang cukup luas yang memiliki ukuran dan bahan yang lebar sesuai dengan kebutuhan. Sheet pile beton ini juga sangat tidak cocok jika diterapkan pada area tanah yang mengandung banyak batuan karena pada proses penerapannya hanya dapat diterapkan pada area tanah atau area biasa.

Langkah-langkah Pemancangan Sheet Pile Beton

Ada beberapa proses dalam proses pemancangan sheet pile beton ini yang perlu untuk anda ketahui. Sheet pile beton memiliki cara pemasangan yang cukup mudah dan cukup sederhana. Anda perlu mengetahui bahwa pemancangan dari sheet pile beton dapat diterapkan dengan menggunakan metode konvensional ataupun metode manual tanpa menggunakan alat berat. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam pemancangan sheet pile beton:

Penentuan Titik Pancang

Langkah awal yang harus dilakukan dalam proses pemancangan sheet pile beton ini yaitu menentukan dua titik yang tepat. Dalam mempermudah proses pengerjaan pemasangan maka anda bisa menggunakan alat bantu seperti waterpass ataupun theodolit. Namun jika anda terbatas oleh suatu alat maka anda bisa menerapkan cara manual dan bisa dikerjakan secara lebih simpel.

Instalasi Angkur

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menentukan suatu titik panjang pada suatu proses pemancangan yaitu dengan pemasangan sebuah angkur. Kur sendiri merupakan dua jenis potongan beton yang saat ini banyak digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan juga untuk menahan jika terjadi kelebihan beban pada suatu struktur bangunan. Proses integrasi pada angkur ini dikerjakan ketika dalam proses pemancangan yang bertujuan agar sheet pile beton dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan pada tempat dan peletakannya tepat.

Pemasangan dari sheet pile beton ini dilaksanakan secara berjajar dan berbeda Yaitu mengikuti sebuah garis yang tingkat kelulusannya sudah ditetapkan sebelumnya. Sebelum melakukan proses pemasangan sheet pile beton maka ada baiknya jika melakukan serangkaian aktivitas seperti survei dengan mendatangi lokasi proyek secara langsung agar anda lebih mengerti langkah-langkah harus anda lakukan selanjutnya dan agar pemasangan lebih tepat dan cepat. Survei juga bertujuan agar anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut dan lebih detail terkait kebutuhan apa saja dalam suatu proyek tersebut.

Instalasi Guide Beam

Guide beam adalah sebuah alat yang dapat menyanggah dan juga menegakkan sheet pile beton dalam mempermudah proses peletakan yang dilakukan secara vertikal atau tegak. Proses instalasi guide beam ini juga berguna untuk mempermudah dalam proses instalasi sheet pile saat dipukul dan membutuhkan alat yang bernama hanger atau vibro. Dengan menggunakan alat tersebut maka sheet pile akan terpasang dengan benar dan juga stabil sehingga tidak mudah roboh.

Pengangkatan Tiang Pancang Sheet Pile

Pada langkah ini anda perlu melakukan perhitungan terhadap luas tanah. Pada proses instalasi dari sheet pile juga membutuhkan sebuah pertimbangan yang memiliki kegunaan untuk mempermudah penentuan masing-masing yang pancang itu sendiri.

Jika pada suatu tiang pancang dan memiliki ukuran yang panjang maka para pekerja tentunya harus melakukan pengambilan beberapa titik untuk mengurangi panjang dari tiang tersebut. Biasanya proses pengangkatan tiang pancang sheet pile memiliki fungsi untuk menekan angka terjadinya resiko kerusakan atau patahan yang biasanya juga terjadi pada tiang pancang.

Proses Pemancangan Sheet Pile

Pada proses pemancangan sheet pile biasanya dikerjakan dengan menggunakan alat yang cukup lengkap dan biasanya menggunakan alat berat karena hal tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan alat sederhana atau manual.

Hal tersebut dikarenakan volume pengerjaan dari proses pemancangan ini lebih berat jika dibandingkan dengan pemasangan lainnya. Pemasangan sheet pile ini membutuhkan sebuah alat yang dapat bergerak untuk memanjangkan sekaligus juga untuk memukul sheet pile beton. Alat berat tersebut seperti misalnya hidrolik Hammer dan diesel Hammer.

Proses Pelepasan Guide Beam

Pada proses pemasangan beton yang dilakukan secara vertikal atau berdiri tegak tentunya sudah dilakukan dengan sesuai prosedur yang dibutuhkan. Lalu langkah berikutnya adalah melepas kedua guide beam tersebut. Hal ini dilakukan karena guide beam berfungsi untuk mempermudah pemasangannya saja.

Guide beam digunakan agar beton dapat berdiri tegak pada saat proses pengukuran yang menggunakan alat Hammer untuk melakukannya. Apabila segala jenis material beton tersebut sudah terpasang dengan benar dan telah mencapai ketinggian yang sudah ditetapkan maka pekerja harus langsung melepaskannya.

Pengukuran Kembali Posisi Sheet Pile

Tujuan dari pengukuran kembali hanya untuk memastikan Apakah letak pada tiang pancang sudah sesuai dengan analisa perhitungan dan dak beton sebelumnya. Tujuan lain yaitu untuk memastikan juga posisi sheet pile beton yang tidak sesuai dan tidak sempurna dalam proses pemasangan dapat segera diperbaiki sehingga resiko terjadinya Sleding atau pergeseran posisi dapat dihindari dengan cepat.

Pemukulan Kembali Sheet Pile

Langkah selanjutnya yaitu langkah yang hampir sama dengan langkah sebelumnya mengukur kembali komponen sheet pile. Selain pengukuran hal yang perlu dilakukan yaitu pemukulan kembali pada sheet pile tersebut agar dapat menunjang tercapainya proses pembentukan tanah yang keras.

Instalasi Tipe Road & Wale Steel CNP

Keberadaan dari wale steel CNP dalam proses pemasangan sheet pile memiliki fungsi yaitu alat bantu saja. Tujuan dari penggunaan ini yaitu untuk mengantisipasi supaya tiang pancang tetap berdiri pada sebuah tempat dan tidak mudah bergeser jika tanah sedikit menimbulkan pergerakan yang terjadi sewaktu-waktu.

Pemotongan Sisa Pancang Sheet Pile

Tahap terakhir yang harus dilakukan yaitu pemancangan sheet pile beton dengan memotong sisa-sisa beton yang tidak sesuai dengan ketinggian ataupun melebihi dari yang sudah ditetapkan. Ukuran dari sheet pile beton ini keseluruhannya hampir sama meskipun struktur tanah di setiap wilayah memiliki struktur yang berbeda-beda.

Kami selaku pabrik yang memproduksi sheet pile beton ini menawarkan berbagai macam varian dari sheet pile beton yang mana harga yang kami tawarkan sangat terjangkau sehingga sesuai dengan budget yang akan anda keluarkan. Produksi sheet pile beton yang kami buat ini menggunakan material beton terbaik yang mana menghasilkan sheet pile beton yang bisa langsung digunakan dan jika diterapkan akan menghasilkan hasil yang maksimal. Anda bisa langsung menghubungi kami jika ingin mendapatkan sheet pile beton berkualitas untuk bangunan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *