Langkah-langkah Instalasi Tiang Pancang Sesuai Standar Prosedur

Pondasi tiang pancang merupakan satu dari sekian jenis pondasi yang ditanam pada permukaan bawah tanah gedung bertingkat tinggi atau bangunan menara. Tiang pancang memiliki tampilan berupa silinder atau segitiga dengan panjang 10 hingga 30 meter. Apabila tiang pancang ditanam jauh lebih dalam, maka dapat dilakukan proses penghubungan kembali. Adapun beragam metode cara pelaksanaan yang dapat diaplikasikan untuk proses pemasangan pondasi tiang pancang ini, yaitu dengan menggunakan alat berat diesel hammer dengan tahap-tahap kerja sebagai berikut:

  • Langkah awal yakni melakukan pengujian pada tanah di lokasi pemasangan pondasi sehingga para pekerja dapat memahami jenis tanah dan seberapa dalam lapisan keras.
  • Mengkalkulasi struktur dari pondasi tiang pancang agar dapat menentukan kebutuhan dari ukuran tiang pancang. Spesifikasi material dan kedalaman tiang pancang agar mampu menahan beban bangunan yang dihantarkan menuju ke titik perhitungan.
  • Pembuatan tiang pancang dapat dilaksanakan di pabrik dengan spesifikasi yang sesuai dengan kalkulasi, kemudian dikirim ke lokasi proyek dengan menggunakan truk berukuran besar
  • Relokasi tiang pancang dapat dilaksanakan dengan menggunakan alat tower crane atau kendaraan crane, sesuai dengan titik angkanya sudah diperhitungkan agar proses pengangkatan atau relokasi tidak dilakukan dua kali
  • Surveyor melaksanakan pengukuran di lokasi atau lapangan sehingga penentuan titik titik sesuai gambar dapat diketahui, kemudian mendirikan alat theodolit guna memeriksa seberapa tegak proses pemancangan tersebut. Tiang pancang diangkat secara vertikal kemudian posisi ujung diesel hammer diangkat dan topi Pal dimasukkan pada kepala tiang pancang.
  • Dua buah theodolit yang terpasang dari dua arah akan mengendalikan ketegakan posisi pemancangan, sehingga dapat memastikan posisi tiang pancang tegak sekaligus melakukan kontrol terhadap setiap jarak 2 meter. Proses pemancangan ini dilaksanakan sampai dengan elevasi kedalaman yang sudah ditentukan.
  • Tiang pancang yang masih memiliki sisa pada bagian atas elevasi akan dipotong, kemudian dihubungkan dengan pile cap pada bangunan gedung sebagai penyangga pada bangunan gedung atau kau ada suatu konstruksi jembatan.

Kesalahan yang bisa saja terjadi ketika proses pemancangan pondasi ini biasanya terletak pada pemakaian bahan yang berada dibawah standarisasi spesifikasi perhitungan. Tidak heran jika pondasi menjadi rentan rusak karena tidak terlalu kuat menahan beban. Disamping itu, kesalahan dalam proses relokasi atau pengangkatan yang tidak ditempatkan pada titik aman dapat menimbulkan resiko patah. Tingkat kemiringan pemancangan juga beresiko terjadi apabila proses pengendalian ketegakan kurang sehingga tingkat kedalaman menjadi berkurang karena kurangnya perencanaan, hal ini tentu saja menimbulkan dampak negatif terhadap pondasi bangunan.

Pondasi yang kurang tepat akan menimbulkan gedung beresiko runtuh dan mengancam korban jiwa apabila dibiarkan begitu saja. Karena Pondasi yang digunakan pada gedung tentu saja berbeda dengan pondasi untuk rumah atau bangunan kecil yang lain. Sehingga sangat dibutuhkan pondasi khusus yakni pondasi tiang pancang. Saat ini telah tersedia pondasi tiang pancang yang tergolong dalam bahan pembuatan yang berbeda. Mulai dari tiang pancang beton, baca dan kayu. Untuk memperoleh sebuah pondasi tiang pancang yang dapat berdiri sempurna dan mampu menahan beban lebih optimal, ada baiknya jika melakukan proses pemasangan dengan benar. Adapun Anda juga harus menggunakan peralatan khusus untuk mempermudah proses pemasangannya.

Macam-macam Alat untuk Instalasi Tiang Pancang

Berikut ini beberapa jenis alat pemasangan tiang pancang yang seringkali digunakan oleh kontraktor dalam prosesnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Diesel Hammer

Merupakan sebuah alat yang memiliki cara kinerja paling sederhana jika dibandingkan dengan jenis alat yang lain. Tampilan dari alat ini yaitu berupa silinder dengan piston atau rem yang berguna untuk melakukan penekanan terhadap tiang pancang. Disamping itu, alat ini juga telah dilengkapi dengan 2 mesin diesel yang berperan untuk menggerakkan piston. Bagian-bagian lain dari alat tersebut yaitu, tangki yang berfungsi untuk menyimpan bahan bakar, pompa bahan bakar, tangki pelumas, mesin pelumas dan injector. Secara keseluruhan bagian-bagian dari diesel Hammer tersebut membantu menggerakkan piston agar dapat bekerja secara lancar dan optimal. Ketika alat ini dinyalakan, mesin diesel akan memberi tekanan terhadap udara di dalam silinder. Tekanan udara inilah yang nantinya akan bertambah guna menggerakkan piston yang akan melakukan pemukulan terhadap tiang pancang.

Drop Hammer

Sejalan dengan namanya, alat ini berfungsi sebagai palu yang melakukan pemukulan terhadap yang panjang agar mampu menancap secara kuat pada tanah yang nantinya akan menjadi dasar bangunan. Alat ini memiliki tampilan berupa palu yang diposisikan pada bagian atas tiang. Kalau ini memiliki bobot yang sangat berat sehingga dapat memberikan tekanan pada tiang untuk menancap pada tanah yang keras. Di bagian atas tiang atau kepala tiang terdapat sebuah topi yang berperan sebagai shock absorber. Tapi ini sangat dibutuhkan ketika Palu memukul tiang, sehingga yang panjang tidak akan beresiko mengalami keretakan atau rusak. Secara umum tapi penyerap tekanan ini terbuat dari material kayu.

Hydraulic Hammer

Salah satu alat pemasangan tiang pancang ini menerapkan prinsip perbedaan tekanan pada cairan yang bertempat di dalam alat tersebut. Portugal menerapkan perbedaan tekanan tersebut, pada alat ini akan memberi tekanan pada tiang pancang sehingga dapat terpasang dengan sempurna. Alat ini secara umum digunakan untuk instalasi pondasi tiang baja H dan pondasi lempengan baja. Prinsip kerja yang dimiliki dari hidrolik yang benar adalah menarik, mendorong dan mencengkeram tiang pancang untuk tetap pada posisi yang sebelumnya ditentukan. Tiang pancang yang bisa melakukan proses instalasi menggunakan alat ini umumnya memiliki ukuran lebih pendek apabila dikomparasikan dengan alat yang lain. Oleh sebab itu alat ini sangat cocok atau direkomendasikan untuk pembangunan yang tidak begitu luas. Apabila sebuah konstruksi membutuhkan tiang pancang dengan panjang yang cukup, maka cukup tambahkan dengan cara penyambungan ujung tiang pancang yang pendek dengan menggunakan alat hidrolik hammer.

Vibratory Pile Driver

Dalam bahasa Inggris, vibratory dapat diartikan dengan istilah getaran. Sejalan dengan namanya alat ini menerapkan prinsip getaran untuk mempermudah proses pemasangan tiang pancang. Pada alat tersebut terdapat beberapa batang yang diletakkan pada posisi horizontal. Batang ini nantinya akan berputar secara berlawanan. Inilah yang nantinya akan menimbulkan beban eksentris pada vibratory pile driver sehingga dapat menghasilkan getaran. Apabila tiang pancang ikut bergetar, maka komponen tersebut akan mampu menembus lapisan tanah yang keras. Penggunaan dari vibratory pile driver sangat direkomendasikan untuk area tanah yang memiliki kadar kelembaban tinggi.

Kami adalah PT Megacon Bangun Perkasa yang sudah berpengalaman dalam melayani pemesanan produk-produk beton berkualitas di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini perusahaan kami telah dihuni oleh sejumlah tim dan tenaga kerja profesional yang telah berkontribusi dalam pengembangan aneka produk beton, terkecuali dengan tiang pancang yang satu ini. Produk tiang pancang dari PT. Megacon Bangun Perkasa telah teruji menurut standarisasi nasional kata Biasa disingkat dengan SNI. Dengan begitu anda tidak perlu ragu dengan tingkat kekuatan produk beton yang kami hasilkan.

Penggunaan produk beton yang dihasilkan dari pabrik tentu saja membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada membuat material beton di lokasi. Proses pengiriman akan diatur sedemikian rupa untuk memudahkan para klien kami agar tetap fokus pada perencanaan konstruksi bangunan. Saat ini kami telah memiliki puluhan hingga ratusan klien yang sudah bekerja sama selama beberapa tahun. Mereka terdiri dari arsitek, insinyur, pengembang, kontraktor dan masih banyak lagi. Segera hubungi customer service kami untuk memperoleh penawaran harga terbaik. Jangan segan untuk berkonsultasi langsung dengan kami terkait pemilihan material produk dan hal-hal konstruksi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *