Mengenal Tiang Listrik Dalam Dunia Konstruksi Di Indonesia

Tiang utilitas atau yang sering disebut oleh masyarakat dengan tiang listrik merupakan suatu material yang memiliki fungsi sebagai penopang kabel jaringan utilitas, jaringan kabel utilitas tersebut merupakan jaringan listrik, telepon, komunikasi, dan juga penerangan jalan. Tiang listrik atau tiang utilitas terbuat dari beberapa bahan material besi namun tiang utilitas ini juga dapat terbuat dari beton pracetak, beberapa jenis tersebut dapat anda temui di pasaran industri saat ini. Pada tahun 1816 sebuah tiang listrik digunakan pertamakali sebagai penyalur jaringan untuk telegraf listrik yang ditemukan oleh seorang yang bernama Sir Francis Ronalds, Sir Francis Ronalds ini mampu membangun suatu jaringan kabel dengan panjang hingga 8 mil di negara Inggris.

Jika anda sedang membutuhkan tiang pancang beton dengan kualitas terbaik, anda dapat menghubungi kami pada kontak yang telah tersedia di laman website. Selain menyediakan produk tiang listrik, kami juga menyediakan berbagai jenis produk beton precast. Diantaranya yaitu road barrier, Car Stopper, U Ditch, pipa beton, box culvert, tiang pancang, pagar panel, dan lain sebagainya. Kami melayani pemesanan hingga ke seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Sifat Tiang Listrik Berdasarkan Bahannya

Tiang listrik yaitu suatu tiang utilitas yang terbuat dari bahan kayu, baja, dan juga beton bertulang. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang beberapa sifat dari tiang listrik atau tiang utilitas berdasarkan dengan bahan pembuatannya. Diantaranya yaitu:

Tiang listrik yang terbuat dari bahan baku kayu, tiang listrik dengan bahan tersebut harus melewati berbagai proses salah satunya yaitu proses pengawetan, hal tersebut dikarenakan agar yang listrik kayu memiliki sifat yang lebih tahan lama karena bahan kayu tersebut dapat mengalami pembusukan atau keropos. Selain itu, karena kualitas dari material tiang kayu listrik yang terbatas ini, maka banyak orang-orang yang lebih memilih menggunakan tiang listrik dengan bahan non kayu. Hal itulah yang membuat munculnya tiang listrik dari bahan baja, beton, komposit fiber, dan juga beberapa bahan lainnya. Tiang listrik yang terbuat dari bahan baja mempunyai kekuatan mekanisme yang sangat tinggi. Namun tiang listrik baja mudah rusak karena terjadinya korosi. Hal ini dapat terjadi karena tiang tersebut sering terkena cahaya matahari ataupun perubahan cuaca lainnya.

Tiang listrik baja juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya yaitu harganya yang dikenal relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis-jenis tiang listrik lainnya. Saat ini banyak kontraktor, insinyur, arsitek, dan lain-lain lebih memilih menggunakan tiang listrik yang terbuat dari bahan dasar beton. Karena tiang listrik yang terbuat dari bahan beton ini memiliki banyak keunggulan, keunggulannya diantaranya adalah: Memiliki usia pakai yang lebih lama dan juga sangat kuat jika dibandingkan dengan tiang listrik jenis lainnya.

Tiang listrik ini memiliki beragam manfaat yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Hal ini akan terjadi jika anda melakukan proses pemasangan tiang listrik dengan metode yang baik dan benar. Terdapat berbagai manfaat dan fungsi yang dimiliki oleh tiang listrik. Beberapa diantaranya adalah saat anda melakukan proses pemasangan tiang listrik, anda dapat melihat dengan jelas dan juga dapat menikmati jalanan di malam hari yang indah dengan adanya lampu-lampu yang bersumber dari listrik yang berasal dari PLN.

Tiang listrik ini juga memiliki fungsi sebagai penerangan di saat malam hari. Karena dengan adanya media untuk menopang suatu tiang listrik maka, akan sangat lebih berguna untuk setiap masyarakat agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari di saat malam hari. Tiang listrik ini merupakan sumber energi yang digunakan untuk kehidupan masyarakat. Contohnya saja seperti mengoperasikan dan juga mengerjakan sesuatu dengan menggunakan alat elektronik, seperti televisi, setrika, penanak nasi, lemari es, dan juga beberapa alat elektronik lainnya.

Cara Pemasangan Tiang Listrik

Dalam proses pengaplikasian tiang listrik, anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang akan Anda lakukan di daerah anda. Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan tiang listrik yang terbuat dari beton menggunakan kabel RTC yang pasti akan lebih ih aman jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Pada umumnya kabel-kabel ini digunakan untuk instalasi jaringan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lain.

Di bawah ini merupakan beberapa proses pemasangan tiang listrik. Namun sebelum anda melakukan proses pemasangan tiang listrik, anda sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu bahan material yang akan anda gunakan untuk melakukan proses pemasangan tiang listrik, diantaranya yaitu linggis, bor tanah, cangkul papan atau Penantian, tali, tiang listrik, breakout, bengkol kleam, baut, isolator, kawat schoor. Setelah anda sudah menyiapkan alat-alat anda gunakan, maka sekarang hal yang harus anda lakukan yaitu dengan menikuti langkah-langkah pemasangan tiang listrik.

Hal pertama yang harus anda lakukan saat memasang tiang listrik yaitu Anda harus melubangi tanah dengan kedalaman 1/6 dari panjang tiang tersebut. Lalu anda harus membuat ring dengan kemiringan lubang besar 45 cm, setelah itu memasang plat besi atau papan sepanjang shering dan tarik ke arah depan sering tersebut. Setelah anda melakukan langkah-langkah tersebut, sekarang Anda harus menegakkan tiang listrik dengan posisi yang tegak lurus. Langkah yang terakhir yaitu dengan menimbun lubang tersebut menggunakan tanah secara merata dan kuat.

Di PT. Megacon Bangun Perkasa, kami memahami jika dengan menggunakan produk beton pracetak yang berkualitas sangatlah penting bagi keberhasilan setiap proyek konstruksi. Selama beberapa tahun yang lalu kami telah menjadi inovator di industri ini. Semua produk yang kami bangun bertujuan agar dapat bertahan dalam ujian waktu, dan juga memberikan kebebasan dan fleksibilitas desain maksimum. Tidak seperti pengecoran beton di lokasi proyek, kami memproduksi berbagai produk beton pracetak kami di luar lokasi di lingkungan yang dikendalikan pabrik, memastikan adanya ekspansi dan kontraksi minimal untuk produk beton pracetak yang sangat berkualitas.

Setiap harinya banyak sekali arsitek, insinyur, kontraktor, pengembang, dan juga pemilik  yang menentukan komponen bangunan pracetak kami untuk kebutuhan konstruksi mereka. Produk beton pracetak kami diproduksi di lingkungan pabrik yang terkontrol dengan baik. Kami membangun produk beton dengan kekuatan yang tinggi, kinerja tinggi yang digunakan dalam proses produksi yang tahan terhadap cuaca, api, korosi, hama dan juga ledakan. Dari layanan pra konstruksi kami akan memastikan pengiriman produk dengan tepat waktu untuk menjaga proyek Anda sesuai dengan jadwal. Kami akan selalu bersama Anda di setiap langkah untuk mengubah mimpi anda menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *