Penggunaan Tiang Pancang pada Konstruksi Tanah Air

Dibalik kemegahan yang ada pada gedung pencakar langit, telah tertanam sebuah pondasi dasar yang terletak di bawahnya agar konstruksi-nya mampu tegak berdiri selama berpuluh-puluh tahun. Sebuah gedung tentu saja memiliki beban yang sangat berat apabila terdiri dari beberapa puluh lantai, oleh karena itu sebuah bangunan harus memiliki penopang yang baik berupa pondasi. Salah satu penopang terbaik yang saat ini paling banyak diterapkan adalah pondasi tiang pancang.

Tiang pancang merupakan sebuah tiang yang tergolong dalam struktur bagian dari konstruksi pondasi bangunan yang secara umum digunakan guna menekan jumlah tekanan dari bangunan, begitu juga dengan seluruh isinya. Terutama pada bangunan yang memiliki 3 lantai sekaligus. Bagi orang awam, istilah tiang pancang mungkin lebih akrab disebut dengan paku bumi. Di pasaran, telah tersedia kategori tiang pancang yang sudah diklasifikasi berdasarkan komposisi bahan, yaitu tiang pancang beton, tiang pancang kayu tiang pancang baja dan tiang pancang komposit.

Tiang pancang beton merupakan salah satu Pondasi yang terbuat dari material beton dengan tingkat pengerasan tertentu. Keberadaan dari tiang pancang ini sudah banyak diaplikasikan oleh sejumlah masyarakat untuk membuat pondasi bangunan yang lebih kokoh. Tiang pancang seringkali digunakan untuk bangunan yang memiliki tingkatan seperti landasan bandara, jembatan serta bangunan lain yang bertumpu pada dasar tanah secara langsung.

Metode penggunaan tiang pancang secara umum dapat dilaksanakan dengan mengaplikasikan sebuah alat bernama hammer diesel. Usut punya usut, alat tersebut merupakan sebuah martil atau palu yang digerakkan dengan bantuan mesin diesel. Prinsip kerja dari hammer diesel ini adalah memukul tiang pancang hingga beberapa kali sampai ai dapat tertancap dengan sempurna pada lapisan tanah dengan tingkat perkerasan yang bervariasi. Akan tetapi, proses tersebut dapat mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar karena menimbulkan suara berisik yang berasal dari getaran.

Tiang pancang mempunyai peranan yang sangat vital dalam proses pembangunan infrastruktur di tanah air. Sebab hampir keseluruhan bangunan yang ada harus memiliki pijakan yang kuat agar bangunan tersebut mampu berdiri tegak, sehingga dapat terhindar dari resiko kerobohan apabila bencana alam datang sewaktu-waktu. Untuk Anda yang saat ini memerlukan tiang pancang beton berkualitas, silakan hubungi kami untuk informasi penawaran dan harga produk lebih lanjut.

Proses pemancangan biasanya dilakukan dengan cara vertikal atau tegak lurus pada tanah, meski demikian tiang pancang juga dapat dipasang dengan miring untuk menahan gaya-gaya yang berasal dari arah horizontal. Hal tersebut sering kali dialami pada bangunan dermaga yang mana memiliki tekanan arah samping yang berasal dari perahu bahkan kapal. Untuk menentukan sudut kemiringan, pastikan para pekerja harus menyesuaikan dari tingkat perencanaan dan jenis alat yang diaplikasikan.

Macam-macam Alat untuk Proses Pemancangan

Tiang pancang memiliki fungsi untuk menyuplai energi yang dibutuhkan guna memasukkan tiang pada tingkat kedalaman tertentu. Alat pancang ini memiliki bentuk dan kegunaan dan kegunaan yang sudah tergolong dalam beberapa macam. Masing-masing memiliki kapasitas dan ukuran yang bervariatif.

Diesel Hammer

Merupakan suatu macam alat yang paling sederhana untuk dioperasikan untuk menyuplai sektor sumber daya atau energi. Alat tersebut diperoleh dari berat ram yang mampu menekan udara di dalam silinder.

Free drop Hammer

Merupakan sebuah alat yang berbentuk balok diletakkan pada tingkatan atau ketinggian tertentu kemudian dilepaskan agar dapat memukul tiang pancang ke bawah dengan sekuat tenaga agar dapat masuk ke dalam tanah meskipun konturnya tergolong sangat keras.

Vibrator pile Driving

Berapakah untuk alat yang beroperasi dengan cara menggetarkan tiang pancang agar lebih muda masuk ke dalam tanah. Sejatinya vibrator pile driving ini sangat tidak disarankan pada tanah yang memiliki tekstur yang keras. Namun sangat disarankan untuk tanah yang kondisinya lembab.

Kegunaan dari Tiang Pancang

Tiang pancang seringkali dioperasikan atau diterapkan untuk memberikan ketahanan terhadap suatu beban bangunan ke tanah penunjang, biasanya dapat diletakkan di atas permukaan tanah yang lunak bahan di bawah permukaan air. Tiang pancang juga dapat berfungsi untuk menghantarkan beban ke tanah yang memiliki tekstur sangat keras pada tingkat kedalaman tertentu. Oleh sebab itu pondasi tiang pancang untuk sebuah bangunan telah memberi kekuatan yang cukup dalam menahan beban tersebut dari gesekan tanah yang ada di sekitar. Umumnya untuk menopang sebuah bangunan yang diakibatkan oleh tekanan hidrostatis maupun momen penggulingan dipengaruhi oleh gaya yang naik ke atas dengan menerapkan tiang pancang beton.

Seperti halnya dalam kasus konstruksi yang memiliki skala berat atau besar, pada kapasitas daya pikul tanah yang dangkal Tentu saja tidak mampu bekerja lebih optimal, sehingga sebuah konstruksi tentu saja memerlukan Pondasi yang kuat berupa tiang pancang. Lebih dari itu, tiang pancang juga dapat diterapkan pada kondisi tanah yang normal untuk menanggung beban horizontal. Begitu juga dengan gaya yang berasal dari arah vertikal atau tegak lurus, tiang pancang mampu menghantarkan hingga ke lapisan tanah bawahnya. Adapun tiang pancang juga mampu menahan gaya lateral pada bangunan yang sulit sekali ditebak dari mana asal arahnya. Seperti halnya yang di aki bencana alam berupa angin kencang, gempa bumi, banjir bandang dan bencana lain yang merugikan manusia.

Kegunaan lain yang terkandung pada tiang pancang ini adalah dapat difungsikan untuk menahan bangunan dari beragam resiko kerusakan seperti erosi. Tidak hanya memahami beragam kegunaan tiang pancang pada infrastruktur bangunan, ada baiknya jika anda mengetahui cara pembuatan dari tiang pancang. Sehingga anda dapat mengetahui bagaimana tingkat kekuatan tiang pancang tersebut apabila terpasang pada lokasi konstruksi. Saat ini telah tersedia 2 jenis tiang pancang berdasarkan dari cara pembuatannya, yaitu tiang pancang beton yang dicor secara langsung pada lokasi proyek dan tiang pancang beton yang dibuat pada tempat khusus yakni pabrik.

Kami dari PT. Megacon Bangun Perkasa siap memberikan segala kebutuhan terkait material-material kualitas. Saat ini kami telah melayani lingkup pemesanan hingga ke seluruh wilayah Indonesia, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir atau ragu dengan pelayanan kami. Prioritas yang kami utamakan dalam hal pengiriman adalah menjaga barang tersebut agar sampai di tujuan dengan selamat tanpa ada kerusakan sedikit pun, tentu saja dengan estimasi waktu pengiriman yang tepat. Puluhan hingga ratusan pelayan telah mempercayakan kami sebagai distributor utama dalam memenuhi kebutuhan bidang dunia konstruksi. Sebagian klien kami merupakan pihak korporasi yang sudah bekerja sama selama beberapa tahun.

Proses produksi dari PT. Megacon Bangun Perkasa telah didukung oleh sejumlah tenaga ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sejumlah Inovasi dan pengembangan tentu saja akan kami lakukan guna meningkatkan kualitas produk yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Sebagaimana kita tahu bahwa perkembangan dunia konstruksi sangat pesat, searah dengan perkembangan ekonomi dunia. Hal inilah yang memacu kami untuk meningkatkan kualitas produk yang sesuai standar prosedur. Terbukti, pengaturan mendapatkan sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) yang berarti barang atau produk beton yang kami tawarkan tentu saja tidak memiliki kualitas yang asal-asalan, namun sudah teruji melalui proses dan tahapan yang sangat ketat.

Harga yang kami tawarkan untuk produk-produk beton sangatlah kompetitif, jika Anda membutuhkan konsultasi dalam menentukan material yang tepat untuk konstruksi anda, segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Dapatkan garansi atau purna jual dan harga terbaik untuk produk tertentu (syarat dan ketentuan berlaku).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *