Permasalahan yang Terjadi pada Instalasi Tiang Pancang

Tiang pancang merupakan sebuah komponen pondasi yang mengandalkan tiang dan dipasang dengan metode penancapan ke dalam tanah untuk menyangga beban utama. Proses pembuatan dari tiang pancang ini yaitu dengan cara mempersatukan pangkal yang posisinya di bagian bawah konstruksi dan juga bagian pondasi. Cara kerja pondasi tiang pancang ini yaitu dengan memberikan resistensi terhadap gaya ortogonal menuju sambungan tiang lewat penyerapan kelenturan yang dihasilkan dari pondasi tiang pancang tersebut. Metode pelaksanaan pondasi tiang pancang ini umumnya dilaksanakan dengan sebuah alat bernama hammer diesel.

Di tanah air, sebutan paku bumi lebih populer daripada istilah tiang pancang sendiri. Apabila anda memiliki rencana untuk menggunakan produk tiang pancang dengan kualitas mutu beton terbaik ini, kami memberikan penawaran kekuasaan untuk melakukan pemesanan melalui customer service kami. Secara keseluruhan produk produk beri kami telah memiliki kualitas yang tinggi. Perusahaan kami tidak hanya memberikan pelayanan terhadap produk tiang pancang saja, namun kami juga melayani aneka produk beton Precast yang lain seperti pipa beton, kanstin, sheet pile, tiang listrik, car stopper dan aneka produk yang lain. Apabila Anda tertarik untuk memahami informasi produk beton dari kami, silahkan hubungi kami untuk pelajari lebih lanjut.

Permasalahan Teknis yang Seringkali Terjadi

Pada proses pemasangan tiang pancang terdapat sejumlah masalah, itu resiko kerusakan atau pecahnya kepala tiang ketika proses pemancangan dilakukan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Penurunan pada jumlah pukulan atau blow count sebelum mencapai titik kedalaman yang diperkirakan
  • Tiang pancang ditanamkan terlalu dalam dari yang ditentukan
  • Posisi tiang pancang melenceng dari penataan vertikal yang sudah ditentukan ketika proses pemancangan Energi dari pemancangan yang melampaui kemampuan tiang pancang. Hal tersebut menimbulkan tegangan yang tinggi pada bagian kepala tiang. Apabila hal tersebut terjadi, maka ada baiknya anda menambahkan bantalan (pile cushion). Tujuannya adalah untuk menurunkan energi pemancangan yang diterima oleh Kepala tiang.
  • Jika tegangan yang tinggi atau berlebih tidak terjadi, kemungkinan besar penyebabnya adalah tumbukan palu (hammer) yang belum sentris pada sumbu tiang pancang berikut adalah(hammer-pile alignment problem). Untuk mengatasi hal tersebut, cara berbagi cara kerja pemancangan dengan memperhatikan tumbukan palu sentris dengan sumbu dari tiang pancangnya.
  • Kualitas cerita tiang pancang yang belum sesuai standar prosedur: Jika hal ini terjadi, ada baiknya memperbaiki lagi mutu tiang pancang, pastikan menggunakan material beton yang berasal dari supplier terbaik. Seperti halnya kami, PT. Megacon Bangun Perkasa yang telah menerapkan mutu beton berkualitas. Segera hubungi kami untuk proses pemesanan dan penawaran lebih lanjut.
  • Retak horizontal atau melingkar pada tiang pancang yang seringkali terjadi pada proses pemancangan
  • Tiang pancang bergeser dari titik awal pemancangan pada sebuah proses pemancangan
  • Tiang pancang terdorong ketika proses belum sepenuhnya berjalan
  • Terangkatnya tiang pancang yang dipasang sebelumnya

Permasalahan Non Teknis yang Seringkali Muncul

Merupakan sebuah permasalahan yang terjadi akibat pengaruh pelaksanaan dari pemancangan dan bukan dari pengerjaan pemancangan yang sedang berjalan, diantaranya yaitu:

  • Dampak getaran dari proses pemancangan pada bangunan atau struktur eksisting di lingkungan pelaksanaan pemancangan
  • Dampak dari polusi suara pekerjaan ketika proses pemancangan dilakukan
  • Dampak dari akibat penggunaan alat pancang yang memproduksi polusi udara berupa asap (diesel hammer)

Untuk kendala yang mengakibatkan problem etika di atas, pemilihan jenis pondasi, studi terhadap lokasi pekerjaan dan analisa dampak lingkungan (AMDAL) sangat penting untuk dilaksanakan sebelum anda menentukan penggunaan desain pondasi tiang pancang serta jenis alat pancang yang akan diterapkan. Dalam permasalahan pada bangunan serta struktur eksisting, anda juga perlu melakukan evaluasi pada jenis struktur, definisi serta fasilitas yang menahan getaran pemancangan yang dihasilkan.

Kekurangan dari Tiang Pancang

  • Pondasi tiang pancang yang diproduksi dari material beton memiliki beban yang lebih berat karena dimensinya begitu besar. Oleh karena itu untuk proses pengangkutannya akan lebih sulit dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tidak ada salahnya jika anda melakukan pengecoran tiang pancang di lokasi konstruksi sehingga tidak membutuhkan usaha pengangkutan yang sulit dan jauh
  • Memerlukan durasi yang lama pagar tiang pancang beton siap untuk digunakan dan diangkat. Proses yang begitu lama ini memang diperlukan supaya kualitas dari tiang pancang lebih terjamin terutama dari sisi pengerasan.
  • Penyambungan tiang pancang tidak mudah untuk dilaksanakan. Permasalahan ini bisa saja terjadi apabila tiang pancang ternyata memiliki panjang yang kurang. Sehingga apabila anda ingin menyambungkannya, tentu saja Anda harus menggunakan alat penyambung khusus.

Melihat kekurangan dari proses pemancangan dari tiang pancang tersebut, tidak heran jika sebagian orang beralih untuk menggunakan sistem bor pile yang telah menjadi solusi alternatif apabila pelaksanaannya sangat beresiko dan sulit apabila dibandingkan dengan menggunakan sistem hammer diesel. Semisal pada masalah dengan mobilitas peralatan tentu saja Akan terdapat akibat yang muncul pada lingkungan sekitar seperti kebisingan dan getaran maupun kondisi-kondisi lain berpotensi mengganggu kegiatan warga.

Pondasi bore pile adalah sebuah Pondasi yang cara pemasangannya dilaksanakan dengan cara melakukan pengeboran tanah terlebih dahulu. Apabila proses pengeboran sudah dilakukan, selanjutnya tiang pancang yang sudah dirangkai di Cor beton siap untuk ditancapkan. Dibutuhkan pipa besi atau disebut dengan temporary casing agar tanah yang memiliki kandungan air atau tanah lembek mampu menahan dinding lubang agar potensi bencana longsor kita dapat terjadi. Sehingga akan dikeluarkan ketika waktu pengecoran beton.

Tiang bor pile adalah sebuah jenis Pondasi yang banyak digunakan untuk bangunan apabila tanah datar tidak mempunyai daya dukung yang kokoh untuk menahan dari beban infrastruktur. Pergilah ini masih dalam satu jenis dengan tiang pancang, akan tetapi proses pemasangan dan tahapan produksinya sedikit berbeda.

Kenapa Harus Memilih Produk Beton Pracetak di PT. Megacon Bangun Perkasa?

Produk beton pracetak dari kami telah diproduksi dengan menggunakan tahapan-tahapan yang sudah teruji kualitas kontrolnya. Sehingga kekuatan dan daya tahan beton tergolong tinggi. Karena tidak rentan terhadap api, korosi, hama dan cuaca. Kami usahakan produk beton yang anda pesan terkirim sesuai dengan jadwal tanpa ada kerusakan sedikitpun. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan berkonsultasi dengan customer service kami dan dapatkan penawaran harga yang menarik pada produk-produk tertentu (syarat dan ketentuan berlaku)

Kami mengerti bahwa penggunaan produk beton pracetak dengan kualitas terbaik benar-benar dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan suatu proyek konstruksi. Secara keseluruhan produk beton yang kami hasilkan mampu digunakan dalam beberapa jangka waktu yang lama, dengan tingkat fleksibilitas dan kebebasan yang maksimum. Berbeda halnya dengan pengecoran beton yang dilakukan langsung pada lokasi proyek, kami lebih memilih pabrik sebagai tempat untuk memproduksi produk beton pracetak untuk memastikan ekspansi dan kontraksi minimal pada produk beton berkualitas tinggi. Komponen peta pracetak multifungsi kami dapat disimpan dengan khusus untuk memenuhi prosedur konstruksi dan juga estimasi biaya yang lebih ramah kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *