Ragam Varian Tiang Pancang untuk Konstruksi Bangunan

Salah satu material yang banyak membantu dalam proses perencanaan infrastruktur bangunan di tanah air ini yaitu pondasi tiang pancang. Saat ini komponen tiang pancang telah tergolong dalam beberapa jenis menurut penggunaan bahan, metode meneruskan beban sekaligus proses pemasangannya. Di bawah ini adalah jenis-jenis tiang pancang berdasarkan tiga golongan tersebut, diantaranya:

Tiang Pancang Baja

Secara umum tiang pancang baja memiliki struktur berupa baja gilas biasa, akan tetapi tiang pancang kotak dan tiba juga dapat digunakan. Apabila tiang pancang pipa atau kota difungsikan dan diisi dengan tingkat mutu beton minimum yaitu K 250

Rata-rata tiang pancang baja mempunyai bentuk profil H. Tingkat kekuatan yang dimiliki dari tiang pancang ini tentulah besar karena bahan bakunya yang berasal dari material baja, tidak heran jika dalam proses pengangkutan dan pemancangannya sangat jarang sekali terjadi resiko patah seperti halnya yang dialami pada tiang beton pracetak. Sehingga penggunaan tiang pancang baja ini tentu lebih bermanfaat apabila memiliki penahan daya ujung yang berjumlah cukup besar.

Tiang pancang Baja memiliki tingkat rentan perkaratan yang bervariasi tergantung dari tekstur tanah, panjang tiang yang terletak dalam tanah dan kondisi kelembaban tanah. Tiang pancang baja secara umum akan mengalami perkaratan pada bagian atasnya yang tidak jauh dari permukaan tanah. Hal ini diakibatkan dari aerated-condition (kondisi udara pada pori-pori) yang ada di lapisan tanah tersebut sekaligus keberadaan bahan-bahan organik lainnya.

Kelebihan dari Penggunaan Tiang Pancang Baja

  • Tiang pancang baja sangat mudah untuk disambungkan
  • Tiang pancang baja memiliki kapasitas daya dukung yang besar

Kelemahan dari Penggunaan Tiang Pancang Baja

  • Tiang pancang baja sangat rentan terhadap proses perkaratan
  • Bagian H pile dapat dicangkokkan atau mudah rusak oleh rintangan besar

Tiang Pancang Kayu

Tiang pancang dengan bahan baku kayu seringkali digunakan atau diterapkan pada sebuah bangunan dermaga. Usut punya usut, tiang pancang ini dibuat dari sejumlah cabang-cabang batang pohon yang sudah dipotong secara presisi. Kemudian tiang pancang ini akan ditambahkan dengan bahan pengawet sekaligus didorong dengan ujungnya yang kecil untuk bagian yang runcing.

Namun, adakalanya ujung tiang pancang kayu yang besar didorong untuk tujuan-tujuan tertentu. Seperti pada tanah yang lunak, di mana tangan tersebut akan mudah bergerak kembali melawan poros. Adapun ujungnya runcing juga telah dilengkapi dari bahan logam tiang pancang untuk menembus tanah yang keras berapa kerikil- kerikil tajam.

Penggunaan tiang pancang kayu ini adalah metode paling tua dalam penerapan tiang pancang untuk pondasi bangunan. Tiang pancang kayu mampu digunakan untuk usia penggunaan yang lama, karena tidak mudah membusuk meskipun telah terendam penuh di bawah permukaan tanah yang terdapat airnya. Akan tetapi, tiang pancang kayu ini rentan busuk apabila kondisi basah dan kering selalu silih berganti. Untuk penggunaan tiang pancang kayu ini umumnya tidak direkomendasikan untuk menahan muatan yang lebih besar dari 25 ton sampai 30 ton pada setiap tiang.

Keunggulan dari Penggunaan Tiang Pancang Kayu:

  • Tiang pancang kayu jauh lebih ringan sehingga sangat mudah untuk relokasi pengangkutan
  • Tidak ada kesulitan berarti ketika proses pengangkatan dan pemancangan
  • Sangat mudah untuk dipotong apabila tiang pancang kayu tidak dapat masuk ke dalam tanah
  • Tiang pancang kayu lebih fleksibel terhadap arah horizontal

Kelemahan dari Penggunaan Tiang Pancang Kayu

  • Karena tiang pancang kayu harus diposisikan di bawah permukaan air tanah yang paling rendah agar usia penggunaannya lebih bertahan lama, maka apabila air tanah yang rendah tersebut berada dalam tingkat kedalaman yang sangat rendah, hal ini tentu saja akan menghabiskan biaya tambahan hanya untuk penggaliannya
  • Tiang pancang kayu mempunyai umur yang relatif lebih sedikit apabila dikomparasikan dengan tiang pancang baja maupun beton, khususnya pada bangunan yang berada di daerah permukaan air tanah naik dan turun.
  • Ketika proses pemancangan pada area tanah yang berbatu, ujung tiang pancang kayu dapat berubah bentuk menjadi sapu atau hancur. Jika tiang pancang kayu tersebut kurang lurus, maka tentu saja terdapat penyimpangan arah pemancangan dari yang sebelumnya sudah ditentukan.
  • Tiang pancang kayu cenderung rentan terhadap zat-zat yang bersifat menyebabkan proses pembusukan atau berjamur

Tiang Pancang Komposit

Merupakan salah satu komponen yang tersusun dari dua bahan berbeda, keduanya saling berpadu hingga terbentuklah sebuah produk tiang pancang komposit. Secara umum pondasi dari tiang pancang dibentuk dengan menyambungkan bagian bawah dan atas dengan bahan yang berbeda. Seperti bahan beton di atas permukaan air tanah dan juga bahan kayu tanpa penambahan apapun di area bawahnya. Estimasi biaya yang membengkak dan kesulitan yang ditimbulkan dalam pembuatan sambungan sementara ini seringkali diabaikan.

Tiang Pancang Beton

Bahasa Inggris seringkali disebut dengan Precast reinforced concrete Pile, merupakan salah satu produk beton pracetak yang sudah dibentuk dengan menggunakan acuan bekisting. Sehingga sangat kuat untuk pengangkatan dan pemancangan. Tegangan tarik terhadap beton ini sangat kecil, sementara berat dari tiang pancang beton ini cukup besar. Oleh karena itu tiang pancang beton ini harus ditambahkan dengan material lain berupa tulangan seperti baja atau besi. Dengan demikian maka proses pemancangan dan pengangkatan sangat kuat untuk menahan momen lentur yang ditimbulkan. Karena berada di tiang pancang ini sangat besar, maka secara umum tiang pancang beton ini dicor dan dicetak di suatu lokasi produksi. Sehingga Anda tidak perlu lagi kesulitan untuk prosesnya relokasinya.

Tiang pancang beton mampu menahan beban dengan tingkat kekuatan yang besar, yaitu diatas 50 ton untuk masing-masing tiangnya. Hal tersebut tentu saja tergantung dari dimensi tiang pancang itu sendiri. Ketika proses pemancangan beton precast tersebut, panjang dari tiang harus dikalkulasi secara tepat dan teliti. Sebab apabila panjang dari dari tiang pancang tersebut kurang, maka mau tidak mau harus dilakukan penyambungan. Hal ini tentu saja pelaksanaannya akan sulit dan membutuhkan banyak waktu. Penampang dari tiang pancang ini bisa berupa segi empat, segi delapan bahkan lingkaran.

Keunggulan dari Penggunaan Penggunaan Tiang Pancang Beton

  • Tiang pancang beton mempunyai tingkat tegangan yang tinggi, tergantung dari kualitas atau mutu beton yang diterapkan pada proses produksi
  • Tiang pancang yang dibuat dari bahan beton dapat dikalkulasi dengan baik untuk friction pile dan end bearing pile
  • Tiang pancang beton tidak rentan terhadap pengaruh tinggi permukaan air tanah, seperti halnya tiang pancang kayu. Oleh karena itu tiang pancang beton tidak membutuhkan tambahan galian tanah untuk poernya
  • Usia penggunaan tiang pancang dapat bertahan jauh lebih lama
  • Tiang pancang beton tidak rentan terhadap zat-zat yang menimbulkan proses perkaratan, karena beton memiliki decking atau permukaan kulit yang cukup tebal untuk melindungi baja/besi tulangan

Kelemahan dari Penggunaan Tiang Pancang Beton

  • Bobot yang dimiliki sangat berat, sehingga membutuhkan estimasi dana transportasi yang lebih mahal. Oleh karena itu, tiang pancang beton hanya diproduksi secara langsung pada lokasi proyek
  • Proses pemancangan tiang beton ini cukup sulit, sehingga membutuhkan durasi waktu pengerjaan yang cukup lama. Ditambah lagi jika kontur tanah yang dimiliki cukup keras.
  • Membutuhkan tambahan waktu untuk pemotongan tiang pancang beton yang terlalu panjang
  • Membutuhkan tambahan waktu untuk penyambungan tiang pancang beton yang terlalu pendek. Langkah ini diakui sangat sulit, karena membutuhkan alat penghubung khusus

Kami dari PT. Megacon Bangun Perkasa siap menyediakan segala keperluan aneka produk beton terlengkap se Indonesia. Saat ini, pabrik kami telah dibekali sistem produksi yang canggih dan ditunjang dengan tenaga kerja profesioal di bidangnya. Dengan demikian, produk yang kami hasilkan telah menjalani seragam inovasi guna meningkatkan mutu pembangunan.

Adapun produk kami juga telah melalui proses standarisasi SNI guna memberikan jaminan terhadap seluruh klien untuk proses konstruksi yang lebih aman dan sesuai standar prosedur.

Kami telah memiliki sejumlah klien yang telah tersebar di wilayah Indonesia, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan proses pengiriman kami. Kami usahakan produk Anda sampai di tujuan dengan waktu yang tepat tanpa ada kerusakan sedikit pun. Jika Anda membutuhkan pelayanan konsultasi terkait produk-produk beton yang kami tawarkan, jangan segan untuk bertanya langsung pada customer service kami melalu nomor-nomor yang sudah kami sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *