Mengenal Tentang Sejarah Pipa Beton

Pengertian dari pipa beton yaitu salah satu produk konstruksi yang telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan saluran drainase dan juga air karena materialnya yang siap untuk dipasang di lokasi proyek. Jika Anda menggunakan pipa beton untuk kebutuhan konstruksi anda, maka proses aliran air akan berjalan dengan lancar dalam sistem drainase ataupun irigasi. Pengertian dari pipa beton yaitu saluran pembuangan yang sering dikenal karena kekuatannya dan mampu dalam menahan Tegangan Tinggi dari volume Debit air yang besar dan juga tidak mudah retak walaupun Mengalami berbagai perubahan kondisi cuaca.

Jika kita berbicara tentang bagaimana awal mula atau sejarah dari penggunaan pipa beton dalam dunia konstruksi, maka jawabannya Yaitu dimulai di tahun 1801, dimana seorang ilmuwan yang bernama F Coignet yang telah menerbitkan suatu karya tulis yang berisi tentang prinsip-prinsip juga cara mengamati kelemahan material beton terhadap gaya tarik. Kemudian hal tersebut berlanjut sampai ke tahun 1850, ilmuwan bernama J Lambot yang pertama kali merancang sebuah kapal kecil di mana Ban pokoknya tersebut terbuat dari bahan semen.

Selain itu terdapat juga ilmuwan yang bernama J Monir yang merupakan seorang ahli Taman berkebangsaan Perancis yang mencoba memberikan hak paten terhadap atap rangka metal buatannya dengan menggunakan material tulangan beton. Dan yang terakhir terjadi pada tahun 1886, terdapat seorang pria bernama K Tuoene yang berkebangsaan Jerman dengan mempublikasikan eksperimennya mengenai teori dan juga perancangan struktur beton. Dapat Anda lihat dari masa kemasa tersebut Seolah terjadi perkembangan kualitas dari beton yang semakin membaik. Sehingga produk hutan ini dapat diaplikasikan untuk segala kebutuhan konstruksi pembangunan yang ada di seluruh dunia.

Kegunaan Pipa Beton

Jika Anda menggunakan pipa beton dalam proses pembangunan anda maka manfaat utama yang dapat Anda rasakan yaitu digunakan untuk saluran air dan juga saluran drainase pembangunan. Pada tahun ke tahun produk pipa beton dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan proyek konstruksi. Contohnya seperti digunakan untuk lapisan sumur resapan, dimana proses pengerjaan tanah dapat dilakukan dengan lebih muda dan juga dapat mengurangi biaya pengeluaran yang dibutuhkan dalam proses pengaplikasian produk tersebut. Maka dari itu pipa beton ini sangat cocok digunakan untuk pembangunan infrastruktur anda.

Ciri Khas Beton

Di bawah ini merupakan penjelasan tentang ciri dan juga karakteristik yang dimiliki oleh pipa beton. Ciri-ciri anda gunakan sebagai bahan pertimbangan saat memilih produk pipa beton yang memiliki kualitas tinggi dalam memenuhi kebutuhan proyek saluran yang akan anda kerjakan. Diantaranya yaitu:

  • Tegangan hancur tarik yang rendah dan juga tegangan tarik hancur yang tinggi dapat ditahan dengan menggunakan pipa beton.
  • Pada bagian permukaan pipa beton dapat dilewati oleh berbagai beban berat sekalipun. Contohnya seperti truk, hal ini dapat terjadi karena pipa beton memiliki kekuatan yang sangat terjamin apalagi jika anda menggunakan pipa beton bertulang.
  • Dapat menciptakan proses pemanasan atau hidrasi pada saat mencampurkan semen dan air yang dibuat dari proses produksi pipa beton tersebut.
  • Gaya tekan tulangan dan juga gaya tarik yang dimiliki oleh pipa beton bertulang merupakan sifat yang paling kuat jika dibandingkan dengan beton konvensional yang terbuat tanpa ada struktur tulangannya.

Perkembangan Sistem Produksi Pipa Beton

Pada awal tahun 1984, proses pembuatan pipa beton dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menggunakan tenaga dari manusia. Karena pada saat tersebut masih belum ada kecanggihan dari teknologi untuk memproses beton dengan cara yang tepat. Pada akhirnya dengan berjalannya waktu, sekitar tahun 1994 sudah mulai bermunculan beberapa pabrik yang menggunakan mesin untuk membuat beton dengan teknologi yang berbeda-beda. Di bawah ini merupakan beberapa teknologi yang digunakan pada umumnya dalam proses produksi beton di Indonesia, diantaranya yaitu:

High Vibration Vertical Cast

Metode high vibration vertical cast merupakan suatu metode pembuatan pipa beton dengan memanfaatkan mesin penetas. Inner mould dan juga outer mould merupakan suatu alat pencetak pipa beton yang memiliki bentuk tabung vertikal dan terletak di dalam mesin. Teknologi high vibration vertical cast telah banyak digunakan terutama di wilayah Eropa hingga sampai saat ini. Meskipun begitu, selain high vibration vertical cast masih banyak juga teknologi pencetak beton yang lebih modern.

Wet Spinning / Sentrifugal

Teknologi dengan memanfaatkan gaya perputaran dengan kecepatan tinggi yaitu dengan cara meletakkan sebuah mould pada kedua bagian pasangnya merupakan pipa beton yang terbuat dengan menggunakan sistem produksi gaya sentrifugal atau dapat disebut juga dengan wet spinning. Saat roda digerakkan menggunakan mesin motor maka mould otomatis juga akan ikut berputar. Wet spinning / centrifugal mempunyai 10 kali gaya gravitasi bumi yang dapat dihasilkan agar produksi beton tersebut dapat dilakukan dalam waktu yang lebih cepat. Negara-negara seperti negara Jepang, asia, atau bahkan Eropa merupakan contoh negara yang menggunakan sistem sentrifugal / wet spinning di dalam proses produksi pipa beton tersebut.

Roller Suspension

Metode pencetakan beton yang sering dipakai di negara Asia yaitu roller suspension. Apabila dibandingkan dengan menggunakan teknologi sebelumnya, teknologi roller suspension memiliki intensitas yang lebih tinggi. Maka dari itu proses produksi pipa beton dapat dilakukan dengan mudah. Pemadatan beton tersebut juga menggunakan tumbukan antara pedang itu sendiri dengan bahan roller. Negara di Australia dan juga Eropa telah banyak yang meminati dan menggunakan roller suspension selain di benua Asia.

Packer Head

Packer head merupakan suatu sistem produksi pembuatan beton dengan menggunakan inovasi terbaru yang memiliki banyak sekali keunggulan. Dengan menggabungkan sistem vertikal dan juga perputaran dengan kecepatan tinggi merupakan cara kerja dari packer head. Bahkan hingga sampai saat ini metode mesin packer head dapat anda jumpai di beberapa negara yang ada di Amerika Serikat dan juga Eropa.

Artikel diatas merupakan beberapa sejarah dari perkembangan mesin pembuatan pipa beton dari generasi ke generasi yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel tersebut dapat memberikan Anda gambaran terhadap kualitas dari mutu beton yang diperoleh pipa beton sebagai saluran gorong-gorong dan juga drainase. Jika saat ini anda sedang membutuhkan produk pipa beton dengan kualitas mutu beton terbaik untuk produk pipa beton bertulang, anda dapat menghubungi kami di kontak yang telah tersedia.

Anda juga dapat mengunjungi situs kami untuk melihat berbagai produk beton Precast yang kami sediakan juga. Kami merupakan perusahaan beton pracetak yang menyediakan berbagai material konstruksi dari beton pracetak, contohnya seperti car stopper, box culvert, pagar panel beton, tiang pancang, tiang listrik, dan berbagai jenis produk beton lainnya. Perusahaan kami juga menawarkan produk beton dengan harga bersaing yang tentunya akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan beton produksi perusahaan lain tanpa mengurangi kualitas beton tersebut. Kami membuat produk beton dengan mutu beton yang dihasil di atas K 350.

Perusahaan kami juga dapat melayani pemesanan produk dalam skala kecil dan juga skala besar yang tergantung dari kebutuhan proyek anda. Kami akan melakukan pengiriman yang dapat menjangkau hingga ke seluruh pelosok wilayah Indonesia dengan bantuan orang-orang terpercaya, anda dapat langsung menghubungi kami untuk mengetahui harga dan juga spesifikasi dari produk yang kami jual. Perusahaan kami telah dipercaya oleh ratusan kastamer dalam pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *